RSS Feed

Senin, 18 Oktober 2010

Bakteri Bertatahkan Perak untuk Sembuhkan Flu dan Pilek

img

hai again dear bloggers

Ghent, Belgia, Dalam pengobatan alternatif, partikel perak sering digunakan untuk praktik penyembuhan. Kini para ilmuwan juga menggunakan perak untuk melapisi bakteri baik, yang dimasukkan ke dalam tubuh untuk memerangi kuman penyebab flu dan pilek.

Bakteri baik yang digunakan adalah Lactobacillus fermentum, jenis bakteri yang juga dipakai dalam minuman probiotik seperti yoghurt. Dengan teknologi tertentu, bakteri itu diberi lapisan perak sebelum dimasukkan ke dalam tubuh melalui semprotan di hidung.

Di dalam tubuh, bakteri itu akan terlibat kontak dengan norovirus, yakni jenis virus yang paling sering menyebabkan flu dan pilek. Virus tersebut akan kehilangan kemampuan untuk menginfeksi sel ketika bersentuhan dengan lapisan perak pada bakteri baik.

Teknologi ini dikembangkan oleh Prof Willy Verstraete, ahli mikrobiologi dari University of Ghent di Belgia. Ia mempresentasikan karyanya tersebut dalam pertemuan Society for Applied Microbiology yang berlangsung di London pekan lalu.

"Memasukkan perak secara langsung ke dalam tubuh bisa membahayakan kesehatan. Karena itu kita menggunakan bakteri baik sebagai pembawa partikel tersebut ke dalam tubuh," ungkapnya seperti dikutip dari Montrealgazette.

Dalam jumlah bayak, partikel perak dapat menyebabkan kerusakan di hati, ginjal dan paru-paru. Namun ketika menempel pada bakteri, partikel perak dikatakan aman karena tidak mungkin mencapai organ-organ tersebut.

Lagipula menurut Prof Verstraete, partikel yang melapisi setiap bakteri besarnya tidak lebih tebal dari 1/10.000 helaian rambut manusia. Ukuran tersebut tidak berbahaya untuk dipakai lewat semprotan di hidung maupun sebagai saringan air.

sumber : dari lain

0 komentar: