RSS Feed

Senin, 11 Oktober 2010

Penjahat Cyber Kirim 'Zeus' Bobol Jutaan Dolar




Pihak berwajib di Amerika Serikat membekuk lebih dari 60 orang yang menggunakan program komputer jahat yang dikenal sebagai Zeus Trojan untuk mencuri uang bernilai jutaan dolar.

Orang-orang ini diyakini merupakan bagian dari sebuah sindikat kejahatan cyber internasional yang mempekerjakan kurir pencucian uang untuk membuat rekening bank dan membantu mentransfer uang yang dicuri.

Menurut Norton Cybercrime Report, yang dirilis bulan lalu, 79 persen responden di seluruh dunia berkeyakinan bahwa penjahat cyber tidak akan bisa dibawa ke pengadilan.

Meski demikian tetap saja, penangkapan tersebut merupakan langkah maju yang positif bagi keamanan internet. Namun penangkapan yang dilakukan di AS ini juga menunjukkan bahwa pasar bisnis cyber crime sangat menjanjikan dan pentingnya melaporkan kejahatan online kepada otoritas yang tepat.

Symantec menilai, Zeus Trojan dirancang khusus untuk tujuan memperoleh akses terhadap rekening bank. Virus tersebut dapat melakukan hal ini dengan menginstal keystroke logger untuk mengumpulkan informasi login dan password, dan memindai mesin untuk memperoleh password yang disimpan.

Virus ini dapat menyisipkan permintaan mengetik nomor PIN yang benar dalam halaman web sebagai persyaratan tambahan, tanpa disadari oleh pengguna. Demikian kata Norton dalam keterangannya, Selasa (5/10/2010).

Berikut kiat-kiat untuk melindungi diri Anda dari virus serupa:

-. Antara Percaya Gak Percaya

Jika lembaga bank Anda membuat permintaan ganjil, seperti meminta nomor PIN ATM, jangan ditaati hanya karena datangnya dari perusahaan yang Anda percayai. Bisa jadi ini merupakan pekerjaan penjahat cyber yang terus memantau gerak-gerik Anda hingga akhirnya mereka dapat menguras rekening Anda. Telepon langsung bank Anda untuk memastikan sebelum Anda memasukan informasi pribadi Anda.

-. Amankan Password

Lindungi password yang Anda gunakan untuk online seperti halnya kunci untuk masuk ke rumah Anda. Password ini harus mencakup angka dan simbol, sehingga tidak mudah dipecahkan. Ubahlah setiap beberapa bulan dan pastikan tidak disimpan di dalam komputer Anda atau tempat umum. Program seperti Zeus didesain untuk memindai mesin Anda untuk menemukan password yang disimpan dan kemudian mengirimkannya ke para penjahat cyber di seluruh dunia.

-. Gunakan Solusi Keamanan Terpercaya

Cara terbaik untuk menghindari agar informasi perbankan Anda tidak dicuri adalah dengan menghindari infeksi virus seperti Zeus sebelum mereka berhasil menginstal program apa pun.

Sumber : dari lain

0 komentar: